UMKM Prima Komodo Siapkan 21 Produk Lokal

KLIKLABUANBAJO.ID| LABUAN BAJO–Sebanyak 21 produk disiapkan oleh Prima Komodo Labuan Bajo sebagai salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kota destinasi wisata super premium itu untuk dijual ke wisatawan.

Produk oleh-oleh itu terdiri dari makanan ringan, minuman seperti kopi, jahe, dan jenis lainnya. Selain itu juga ada madu serta minyak herbal.

Pemilik UMKM Prima Komodo Prima F.N. Maoen, kepada KLIKLABUANBAJO.ID menyampaikan bahwa semua produk itu sudah dilengkapi dengan nomor Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

“Semua produk yang kami siapkan sudah dilengkapi dengan PIRT dari Dinas Kesehatan Mabar dan label halal dari MUI Provinsi NTT. Kami juga sudah punya hak paten,” kata Prima, Jumat (19/11/2021).

Dia menambahkan, Prima Komodo merupakan UMKM yang memiliki PIRT terbanyak di Mabar.

Prima Komodo mulai memasarkan produknya sejak tahun 2009 di Ruteng, lalu pindah ke Labuan Bajo mulai tahun 2016.

Beberapa jenis produk Prima Komodo antara lain Kacang Selimut, Tacupiang, Rebok Beras, Rebok Jagung, Stik Kelor, Kopi Robusta, Kopi Arabika, Gula Merah, Gula Lontar dan produk lainnya.

“Metode penjualannya dilakukan secara offline dan online. offline melalui toko-toko dan sales. Saat ini saya dibantu oleh tiga orang marketing,” kata Prima.

Selain dibeli oleh warga dan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, produk-produk dari Prima Komodo juga dibeli dan dikirim ke Bali, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Kupang.

“Saat ini produk kami juga dijual melalui beberapa toko besar di Labuan Bajo. Lebih dari sepuluh toko. Kalau ada yang berminat dengan produk kami, silahkan kontak di nomor 0821 464 311 36,” kata Prima. (tin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.