Ini Persiapan RSUD Komodo untuk Jadi Tipe A

KLIKLABUANBAJO.ID| LABUAN BAJO–Sebelum resmi menyandang predikat Tipe A, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo di Marombok Labuan Bajo yang selama ini masih Tipe D, melakukan persiapan dan pembenahan.

Antara lain berkaitan dengan persyaratan bangunan serta sarana dan prasarana, termasuk tempat tidur pasien. Selain itu persiapan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama tenaga dokter juga menjadi prioritas.

Hal lainnya yaitu perlunya menjadikan RSUD itu sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) Yulianus Weng, membenarkan itu saat dikonfirmasi KLIKLABUANBAJO.ID beberapa pekan lalu.

“Selain itu, awal tahun depan kita harapkan pembangunan rumah sakit wings internasional yang dibangun oleh dana pusat. Tentu kita sangat berterima kasih,” kata Yulianus.

Informasi lain yang diperoleh media ini, persiapan RSUD Komodo untuk menjadi Tipe A sedang gencar dilakukan.

Status Tipe A itu sudah bisa diperoleh dalam waktu dekat sehingga memberi banyak kemudahan bagi warga yang hendak mendapat pelayanan medis.

Sebelumnya diberitakan, RSUD Komodo di Marombok Labuan Bajo, Kabupaten Mabar, naik status dari tipe D ke tipe A.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Pemerintah Pusat melalui Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Bupati Mabar Edistasius Endi, menyampaikan itu di hadapan pimpinan dan anggota DPRD saat sidang paripurna, Rabu (25/8/2021).

“Saat ini sedang dalam proses administrasi Rumah Sakit di Marombok untuk naik status dari tipe D ke tipe A dengan segala konsekwensi anggaran untuk pembangunan. Termasuk peralatan akan diback-up,” kata Edistasius.

Berkaitan dengan pembangunan serta peralatan di rumah sakit itu kata dia akan disiapkan oleh APBN dengan dana Rp 178 miliar.

“Sehingga waktu pelaksanaan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi, Red) G-20 November 2022, RSU Marombok sudah terbangun dengan tipe A,” kata Edistasius.

Untuk diketahui, Rumah Sakit tipe A merupakan pelayanan kesehatan rujukan tertinggi alias pusat. Rumah sakit yang juga disebut rujukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat tiga ini, memberikan pelayanan yang lebih lengkap mulai dari yang umum, subspesialis, hingga kedokteran spesialis oleh pemerintah.

Saat ini RSUD Komodo sudah dilengkapi peralatan untuk PCR. (tin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.