Jadi Dampingan Bank NTT, BUMDes Gorontalo Labuan Bajo Ikut Festival

KLIKLABUANBAJO.ID| LABUAN BAJO–Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), lolos seleksi menjadi dampingan Bank NTT.

Bersamaan dengan itu, BUMDes di Labuan Bajo ini mengikuti festival yang diikuti seluruh BUMDes di Provinsi NTT yang merupakan dampingan bank tersebut.

BUMDes Gorontalo memiliki beberapa unit usaha, antara lain kafe, usaha simpan pinjam, tenun, sanggar budaya, industri rumah tangga dan kerajinan tangan, jasa sewa perlengkapan pesta, serta sedang menyiapkan usaha travel agen dan obyek wisata air terjun.

“Sudah dua bulan BUMDes Gorontalo kolaborasi dengan Bank NTT, hasilnya yaitu usaha kami menjadi binaan Bank NTT,” kata Kepala Desa Gorontalo Vinsensius Obin, kepada KLIKLABUANBAJO.ID, Kamis (10/6/2021).

Dia menjelaskan, beberapa produk dari BUMDes Gorontalo di antaranya, vas bunga yang dibuat dari sampah serta hand sanitizer.

Sementara itu Pimpinan Bank NTT Cabang Labuan Bajo Adianto Ranoh, menyampaikan bahwa manajemen mewajibkan agar setiap cabang Bank NTT memiliki satu BUMDes dampingan dengan syarat-sayarat tertentu, sekaligus untuk ikut dalam festival.

Namun di waktu mendatang kata dia, tidak menutup kemungkinan jumlah BUMDes dampingan bisa lebih dari satu.

“Untuk setiap desa binaan, kami bantu dana modal. Ini berkaitan dengan kolaborasi dengan UMKM termasuk untuk salurkan kredit merdeka. Dalam desa binaan arahnya digital sehingga muncul agen, seperti ATM mini yang berada dalam handphone kita. Bisa untuk pembelian pulsa listrik dan macam-macam,” kata Adianto.

Festival kata dia, mulai berlangsung sejak Bulan April 2021 bersamaan dengan dimulainya pendampingan terhadap BUMDes.

“Festival berlangsung mulai Bulan April sampai 1 Juli 2021. Jurinya tidak hanya kami tetapi ada akademisi, pers, OJK, kami kolaborasi. Hasil festival akan diumumkan 17 Juli 2021 saat Ultah Bank NTT,” kata Adianto.

Para juara festival kata dia akan diberikan penghargaan. (tin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.