Pemkab Mabar Terapkan Digitalisasi Pajak dan Retribusi

KLIKLABUANBAJO.ID| LABUAN BAJO–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar), menerapkan digitalisasi berkaitan dengan pelaporan dan pembayaran pajak serta retribusi daerah.

Demikian salah satu hal yang disampaikan Bupati Mabar Edistasius Endi, saat menjawab pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Mabar terhadap nota pengantar keuangan atas Ranperda pertanggungjawaban APBD tahun 2020.

Jawaban Pemkab Mabar itu disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Mabar, Selasa (8/6/2021).

“Melakukan digitalisasi pelaporan dan pembayaran pajak serta retribusi daerah,” kata Bupati Edistasius.

Hal itu disampaikan saat menjawab pertanyaan dari Fraksi Hanura, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Gabungan Keadilan Bintang Pembangunan, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Demokrat Plus dan Fraksi Air.

Fraksi-fraksi itu bertanya berkaitan dengan pengelolaan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dijelaskan bahwa Pemkab Mabar akan mengoptimalkan peran BUMD Perumda Bidadari dalam menggali potensi-potensi lain yang bisa meningkatkan PAD.

Perumda tersebut juga didorong untuk mengelola aset-aset yang selama ini masih belum optimal dalam pengelolaannya demi mendukung PAD.

Dijelaskan juga bahwa Pemkab Mabar menerapkan pembayaran secara online berkaitan dengan pendapatan PBB pedesaan/perkotaan dan pendapatan BPHTB.

“Salah satu upayanya adalah pemerintah menerapkan pembayaran secara online dengan melakukan koneksi langsung dengan sistem yang dikembangkan oleh BPN dan Bank NTT,” kata Bupati Edistasius.

Menanggapi pernyataan dari Fraksi PDI Perjuangan tentang status dan kondisi bangunan Poskesdes Golo Ndari di Kecamatan Welak, dijelaskan bahwa fasilitas kesehatan berupa Polindes ada bangunan barunya, bersumber dari dana desa.

Pemerintah berjanji segera menempatkan tenaga kesehatan agar pelayanan kesehatan bisa berjalan di Polindes itu.

Disampaikan juga bahwa Pemkab Mabar akan memperhatikan permintaan untuk peningkatan status Pustu Batu Cermin menjadi Puskesmas.

Demikian juga dengan peningkatan fasilitas kesehatan di Desa Mata Wae yaitu Poskesdes Naga menjadi Pustu akan menjadi perhatian Pemkab Mabar.

Dijelaskan bahwa untuk di Desa Golo Sengang fasilitas kesehatannya adalah Pustu di Leheng.

Sedangkan terkait masalah sampah di Pasar Batu Cermin Labuan Bajo, Pemkab Mabar akan menambah bak abrol besi terbuka untuk meningkatkan daya tampung sampah.

Dijelaskan, untuk sampah di Pantai Pede sudah ada jadwal seminggu sekali penanganan kebersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Berkaitan dengan kondisi jalan di beberapa kecamatan, disampaikan bahwa hal itu menjadi perhatian pemerintah dalam tahun anggaran 2022 dengan mengacu pada ketersediaan anggaran dan skala prioritas. (tin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.