Group Siapa di Belakang Mawatu Labuan Bajo? Berikut Informasinya

KLIKLABUANBAJO.ID| LABUAN BAJO–Proyek pembangunan Mawatu di pinggir pantai dekat ruas jalan utara Labuan Bajo setelah Theodor, dibangun oleh Vasanta Group melalui PT Graha Properti Sentosa.

Proyek mix-use tourism development seluas 12 hektar itu, menggunakan konsep kawasan wisata terpadu, sudah mulai dikerjakan.

Acara peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek tersebut sudah berlangsung, Jumat (30/4/2021) sore.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, saat itu menyampaikan beberapa pesannya kepada Vasanta Group.

“Alangkah indahnya juga kalau bisa menyediakan listrik di kawasan ini dengan tenaga surya atau ramah lingkungan. Itu penting. Saya tadi dengar mangrove. Mangrove kemampuannya 26 kali untuk menyerap karbon di udara. Untuk mengurangi emisi,” kata Suharso.

Dia meminta agar mangrove harus benar-benar dijaga di kawasan itu.

Suharso juga meminta pihak Vasanta Group agar kehadiran Mawatu di Labuan Bajo harus memperhatikan masyarakat setempat.

Terkait listrik tenaga surya, dia menuturkan bahwa Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, selalu memberi keyakinan agar perlunya membangun listrik tenaga surya di NTT.

“Berulang kali Gubernur Pak Viktor meyakinkan kami di Jakarta untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya dan tidak tanggung-tanggung sebesar 20 Giga. Untuk jadi gambaran, Jawa sebesar 27 Giga. Artinya ada komitmen dari Nusa Tenggara Timur untuk membuat langitnya bersih,” kata Suharso.

Disampaikannya, komitmen menjaga udara tetap bersih harus dilakukan.

“Indonesia sudah ikut serta dalam Paris Agreement untuk bersama warga dunia menjaga atmosfer kita dari efek gas rumah kaca,” kata Suharso.

Untuk diketahui, Mawatu memperkenalkan kawasan wisata yang lengkap dan terintegrasi, terdiri dari hotel bintang lima, lifestyle hotel, restoran apung, villa, beach club, alun-alun, serta pusat belanja, kuliner dan hiburan di dalam satu kawasan (one stop holiday destination).

Kawasan wisata terpadu ini juga dilengkapi dermaga untuk kapal singgah para pengunjung.

Untuk tahap pertama pembangunan yang direncanakan selesai pada akhir kuartal tahun 2022, Mawatu akan menyelesaikan pembangunan village market (pusat outlet/ perbelanjaan), lifestyle hotel berbintang empat, alun-alun kota untuk kegiatan seni, musik dan tempat berkumpul, villa terapung, serta pusat UMKM yang merupakan dukungan Mawatu untuk para pedagang kecil di sekitar kawasan.

Sementara tahap kedua rencananya akan menyelesaikan pembangunan hotel berbintang lima dan residential villa.

Vasanta Group mengkombinasikan pengalaman di bidang real estate dari pendiri dan jajaran direksinya. Dengan komitmen untuk menghasilkan proyek kualitas nilai dan integritas yang terpercaya.

Vasanta Group turut berkontribusi bagi pengembangan kota di Jakarta Raya dengan inovasi, design dan kualitas dari setiap proyek yang dikembangkannya.

Dimulai sejak tahun 2013 dengan membangun Saumata Apartemen di Alam Sutera, dilanjutkan dengan pengembangan Saumata Suites pada tahun 2016 serta proyek Vasanta Innopark di tahun 2017.

Vasanta Group juga telah melakukan aliansi strategis dengan Mitsubishi Corporation pada tahun 2019.

Melanjutkan perkembangannya, Vasanta Group mengembangkan megaproyek bernama Shila at Sawangan pada tahun 2021.

Proyek ini adalah sebuah konsep kota mandiri baru di selatan Jakarta seluas sekitar 102 hektar yang dilengkapi dengan area rumah tinggal, komersial, serta retail dengan konsep terbuka / outdoor untuk menambah fasilitas lifestyle baru di selatan Jakarta.

Saat peletakan batu pertama Mawatu Labuan Bajo, selain menteri, hadir juga dua orang gubernur, yaitu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Gubernur NTB
Zulkieflimansyah.

Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi dan Wakil Bupati Yulianus Weng juga hadir.

Turut hadir mantan bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Para petinggi dari manajemen Mawatu juga hadir saat itu, salah satunya Direktur Mawatu Johan Yudha Santoso. (lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.