Cara SMP Yosefa agar Siswanya Mudah Sekolah di Tengah Pandemi

KLIKLABUANBAJO.ID| LABUAN BAJO–SMP Katolik Santa Yosefa Labuan Bajo tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 secara daring atau dalam jaringan.

Siswa-siswinya diberikan pilihan dalam mengikuti pelajaran secara virtual yang membutuhkan paket data internet tersebut.

Pilihannya yaitu, bisa mengikuti pelajaran lewat jaringan secara langsung tetapi bila belum ada paket data maka bisa mengikutinya lewat video pelajaran yang telah disiapkan oleh guru.

“Bisa juga dua-duanya. Ikuti pelajaran secara langsung melalui google meet tetapi bila belum mengerti sepenuhnya tentang materi pelajaran itu, bisa mengulanginya lagi atau mengikutinya lewat video yang disiapkan oleh guru. Siswa-siswi tinggal download video yang dikirim ke mereka lewat google classroom,” kata Kepala Sekolah SMP Katolik Santa Yosefa Labuan Bajo Suster Elin, SSps, M.Pd.

Dia ditemui di sekolahnya, Selasa (27/4/2021).

Cara itu kata dia, selama ini berjalan lancar atas kesepakatan bersama antara pihak sekolah dan orang tua siswa-siswi lewat pertemuan secara virtual beberapa waktu sebelumnya.

Dia menambahkan, pekerjaan para guru di tengah pandemi Covid-19 ini bertambah. Selain menyiapkan materi pelajaran, ditambah lagi dengan menyiapkan video pelajaran.

“Selama pandemi ini kami melakukan itu dengan lancar. Kami memberikan kebebasan kepada siswa-siswi, mengikuti pelajaran secara langsung lewat jaringan atau bisa download videonya. Kalau siswa-siswi belum ada paket datanya maka mereka bisa ikuti pelajaran melalui video saat mereka sudah ada paket data,” kata Suster Elin.

Sekolah secara daring itu kata dia menggunakan alamat email dari orang tua siswa-siswi agar orang tua juga bisa mengontrol langsung anaknya.

“Menggunakan email orang tua untuk dipakai anak dalam pembelajaran,” kata Suster Elin.

Jumlah total siswa-siswi di sekolah itu sebanyak 159 orang, sedangkan guru sebanyak 16 orang.

“Guru-guru wajib ke sekolah setiap hari, mulai jam 07 Wita sampai 12.45 Wita dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka bebas menggunakan ruangan kelas mana saja untuk menyiapkan materi dan video pelajaran,” kata Suater Elin. (tin)

Satu tanggapan untuk “Cara SMP Yosefa agar Siswanya Mudah Sekolah di Tengah Pandemi

  • April 28, 2021 pada 12:38 am
    Permalink

    luar biasa SMPK ST. Yosefa Labuan Bajo semoga tetap jaya selalu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.