Kopinya Tenar Hingga Manca Negara Namun Jalan Colol Tak Diperhatikan

BORONG, KL–Ruas jalan ke arah Colol Kabupaten Manggarai Timur (Matim) memprihatinkan, kondisi paling parah terlihat dari Cabang Mukun sampai Colol hingga Elar.

Kondisi ruas jalan itu semakin ke timur semakin parah.

Untuk diketahui, Colol merupakan salah satu daerah sumber penghasil kopi terbaik di Flores, NTT yang sudah terkenal hingga manca negara.

Namun tingkat kerusakan jalannya makin memprihatinkan, membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati, bahkan sejumlah penumpang terpaksa harus turun dari kendaraan saat melewati tempat-tempat tertentu.

Penumpang terpaksa berjalan kaki dan kerap ikut membantu mendorong kendaraan yang sulit melewati titik-titik tertentu, selanjutnya masuk kembali ke mobil yang mereka tumpangi.

Kondisi ruas jalan ke Colol terkesan tak diperhatikan oleh pihak yang berwenang.

“Kondisi jalan dari Cabang Mukun ke Colol parah sekali. Ada tiga titik yang paling parah, bahkan penumpang harus turun dari mobil berjalan kaki dan kadang ikut membantu mendorong mobil,” kata salah satu pengguna jalan,
Yohanes Jerabu.

Demikian juga disampaikan warga lainnya Heleni.

“Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, resikonya sangat besar. Ruas jalan pada umumnya sudah rusak parah. Ini menyulitkan warga terutama petani yang ingin menjual hasil pertaniannya,” kata Heleni.

Pengguna jalan lain berharap agar pemerintah segera memperbaiki ruas jalan ke sumber kopi terbaik di NTT itu.

“Tentu harapannya agar pemerintah bisa secepatnya memperhatikan dan memperbaiki jalan ke Colol,” kata Rin. (ori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.