Pilkada Mabar, LSM ILMU Aksi Terkait Dugaan Keterlibatan ASN

LABUAN BAJO, KL–Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Insan Lantang Muda (ILMU) menggelar aksi demonstrasi di Labuan Bajo, Kamis (19/11/2020).

Aksi itu berkaitan dengan dugaan keterlibatan oknum ASN dalam hal dukungan terhadap Pasangan Calon (Paslon) tertentu.

Para aktivis itu melakukan aksi di Kantor Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), lalu ke Kantor Bupati Mabar.

Orator aksi Dionisius Parera, saat di Bawaslu meminta lembaga Pengawas Pemilu itu harus pro aktif melakukan pengawasan, termasuk menelusuri screenshot tentang percakapan beberapa oknum yang diduga ASN untuk mendukung Paslon tertentu.

Demikian pun yang disampaikan oleh aktivis lainnya, Sainudin Felix dan Alexander Mentero.

“Ada oknum ASN terindikasi menggunakan kekuatan jabatannya untuk melakukan itu. Kami minta Bawaslu harus pro aktif,” kata Dionisius.

Ketua Bawaslu Simeon Sofan Sofian, didampingi Koordinator Divisi SDM Organisasi Data dan Informasi Eduardus Ndundu, menyampaikan apresiasi kepada ILMU.

“Terimakasih atas kehadiran bapak-bapak, artinya kami dikontrol. Partisipasi dari masyarakat, termasuk dari kawan-kawan sekalian sangat diharapkan dalam pengawasan Pilkada. Kami harapkan agar ada bukti-bukti terutama berupa foto atau video,” kata Simeon.

Para aktivis dalam lembaran tuntutannya menegaskan bahwa Bawaslu sebagai lembaga Pemilu wajib menindaklanjuti temuan atas pelanggaran netralitas ASN.

“Bawaslu harus proaktif dan segera menindak setiap pelanggaran dan kecurangan yang terjadi dalam proses Pilkada di Manggarai Barat terutama yang dilakukan oleh ASN yang indikasi dan buktinya sudah beredar luas,” kata Alexander, saat membaca pernyataan sikap. (tin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.