Kapolsek Sanonggoang: Penyelenggara dan Polri Solid, Pilkada Mabar Aman

LABUAN BAJO, KL–Kapolsek Sanonggoang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Iptu I Wayan Merta menyambangi sekretariat Panwascam Mbeliling Rabu (24/9/2020).

Ia bertemu dengan tiga anggota Panwascam Mbeliling dan satu anggota PPK Kecamatan Mbeliling. I Wayan bersama seorang anggotanya berkoordinasi untuk pengamanan Pilkada Mabar 2020.

Berdiskusi dalam suasana santai bersama anggota Panwascam dan Anggota PPK, I Wayan mengungkapkan kunci suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat 2020 ada pada soliditas antara penyelenggara dan pihak kepolisian.

“Jangan ada di antara kita mengganggap dirinya lebih, dan yang lain tidak. Selalu berkoordinasi dan kita saling mengisi satu sama lain,” kata I Wayan.

Jika penyelenggara dan kepolisian solid, I Wayan optimis penyelenggaraan Pilkada Mabar 2020 akan berjalan aman dan damai.

Hal kedua yang perlu menjadi bagian dari pelaksanaan tugas penyelenggara dan kepolisian, kata I Wayan adalah integritas penyelenggara pemilu.

“Selama bertugas ikuti aturan. Jangan melenceng agar tidak jadi beban pikiran. Sehingga pulang rumah bisa tidur dengan tenang,” kata I Wayan.

I Wayan mengatakan demokrasi selalu lekat dengan pro dan kontra. Ada riak-riak kecil di masyarakat. Jika penyelenggara tidak memihak pasangan calon tertentu, maka semua akan berjalan aman.

“Penetapan pasangan calon kemarin berjalan aman dan damai. Kita ini kerja jalani aturan saja dicurigai, apalagi kalau tidak. Kita ini selalu dipantau masyarakat,” pesan I Wayan.

Ia mengingatkan agar dalam menjalankan tugas senantiasa jaga keselamatan. Selalu mengikuti protokol covid-19, mengenakan masker dan jaga selalu jarak.

“Sebelum pulang ke rumah cuci tangan. Ingat keluarga di rumah. Bagi pelanggar protokol Covid, akan ada hukumannya,” kata I Wayan.

I Wayan juga meminta agar dalam menyelesaikan masalah yang ditemukan di lapangan selalu mendahulukan pendekatan kekeluargaan.

Menurutnya, tim kampanye pasangan calon pada saat kampanye nantinya, juga akan mengikuti ketentuan protokol kesehatan.

Karena itu, baik penyelenggara maupun kepolisian, agar dalam menegakan ketertiban pada pendukung agar selalu berkoordinasi dengan tim pasangan calon.

“Semua ketidaktertiban oleh para pendukung pasti punya dampak bagi pasangan calon. Karena itu tim pasangan calon juga punya tanggung jawab yang sama. Dekati mereka biar mereka yang menertibkan pendukungnya,” kata I Wayan.

I Wayan mengungkapkan koordinasi kepolisian, penyelenggara dan tim pasangan calon sangat penting demi suksesnya Pilkada Mabar 2020 bebas dari paparan covid-19.

“Anggota Polsek Sano Nggoang ada sembilan, anggota Bhabin ada empat. Tiga anggota Bhabin ada di Mbeliling, satu di Sano Nggoang,” kata I Wayan.

Ia berharap sampai pada hari pemilihan nanti di 9 Desember 2020, koordinasi antara Panwascam, PPK dan Kepolisian terus dilakukan.

“Koordinasi ini akan terus kita bangun bersama,” kata I Wayan. (lik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.